Mata Pelajaran : Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya
Pembelajaran : 4
Mapel : Bahasa Indonesia ( 3.2 ), Pkn ( 3.3 )
Tujuan Pembelajaran :
1. Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
2. Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan
sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.
Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha.
Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya! Janganlupaucapkantolongbila mintabantuan,ucapkanmaafapabilamelakukankesalahan,danucapkaterimakasihsetelahmendapatkan bantuan.
Anak sholih sholihah baiklah anak sholih sholihah, langsung saja Ananda tonton dan simak
videopembelajaran berikut ya
Apakah globalisasi selalu memberikan manfaat yang positif? Apa sikap yang harus kita kembangkan untuk menyikapi era globalisasi ini?
Ayo Membaca
Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?
Apa manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi.
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.
Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak-anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!
Pengaruh positif akibat globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi.
Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa saja dampak positif dari globalisasi?
Dengan adanya globalisasi kita bisa menemukan makanan atau barang dari luar negeri serta mengetahui berita dari luar negeri dengan mudah.
2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?
Salah satu dampak negatig globalisasi adalah budaya negatif dari luar negeri dapat masuk ke Indonesia dengan mudah.
3. Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?
Globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa sebab globalisasi menyebabkan masuknya budaya asing dari luar. Budaya asing ini membuat budaya sendiri berubah bahkan dilupakan jika tidak memiliki benteng yang kuat.
4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
Globalisasi menuntut sumber daya manusia berkualitas, kreatif, dan kompetitif dalam berbagai bidang. jika kita tidak mengimbangi dengan pengetahuan dan keahlian maka kita akan tergerus oleh globalisasi.
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?
Sebaiknya kita bisa memanfaatkan dampak positif globalisasi dengan sebaik mungkin dan menjauhi pengaruh negatif globalisasi sebisa mungkin.
6. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi.
Hari/Tangga l : Kamis, 02 Desember 2021 Mata Pelajaran : MTK dan Tema 4 Pembelajaran : Penilaian Akhir Semester T Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjawab pertanyaan soal PAS dengan benar ! Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan masih dalam lindungan Allah SWT, amiin .... Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 5 M , yaitu : 1. Memakai masker terutama saat berada di luar rumah dan saat berkomunikasi dengan orang lain, 2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan k egiatan 3. Menjaga jarak, 4. Menghindari kerumunan 5. Mengurangi mobilitas Jangan lupa agar selalu menjaga imunitas tubuh kita dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kita selalu sehat. Baiklah anak-anak, mari kita awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjut
Materi Ajar : Kamis, 19 Agustus 2021 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hari/Tanggal : Kamis, 19 Agustus 2021 Tema : 2 (Persatuan dalam Perbedaan) Subtema : 2 (Bekerja sama mencapai Tujuan) Pembelajaran : 2 Mapel : Matematika, PPKN (3.4), SBDP (3.3) Tujuan Pembelajaran: 1. Peserta didik mampu mengubah pecahan ke berbagai bentuk pecahan lainnya 2. Dapat menerapkan pengamalan sila ketiga Pancasila 3. Dapat mempraktekkan gerakan tari Indang. Assalamualaikum wr.wb Apa kabar anak sholih dan sholiha? Semoga semunya dalam keadaan sehat wal afiayah dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Dalam masa pandemi sekarang ini Ibu Guru harapa kalian tetap waspada dan selalu menerapkan 5M yaitu: 1. Memakai masker 2. Menjaga Jarak 3. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan 4. Menjauhi kerumunan 5. Mengurangi mobilitas Baik anak sholih dan sholiha kita awali kegiatan kita pada
PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ) Hari/Tanggal : Senin, 30 Agustus 2021 Kelas : VI Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan Subtema 3 : Bersatu Kita Teguh Pembelajaran ke- : 5 dan 6 Mapel : IPS (3.4), SBDP (3.3), PPKn (3.4), dan Bahasa Indonesia ( 3.4) Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menulis makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal kemerdekaan Indonesia dalam bentuk diagram, mempraktikkan gerakan dan pola lantai pada tari Indang, menyebutkan contoh manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat NKRI dlam bentuk buku mini, mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh Apa kabar anak sholih sholihah Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa Anak-anak semua, sudah murojaah, da
Komentar
Posting Komentar