TEMA 3 SUB 1 PB 1
RABU, 1 SEPTEMBER 2021
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menyebutkan dan mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.
- Siswa mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil pengamatan komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.
- Siswa mampu mengidentifikasi dan melaporkan perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat dalam bentuk peta pikiran yang sistematis.
Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Anak sholih/sholihah... marilah kita bersama-sama mengawali belajar dengan berdo'a kepada Allah semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, dan selalu diberi kesehatan lahir dan bathin.. Semoga kalian dapat mengikuti dan memahami pelajaran yang disajikan bu guru hari ini.
Anak sholih sholihah, dimasa pandemi covid seperti saat ini kalian harus tetap waspada dan selalu lakukan 5M yaitu :
- Memakai masker, terutama saat berada di luar rumah dan saat berkomunikasi dengan orang lain
- Mencuci tangan, sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
- Menjaga jarak,
- Menghindari kerumunan
- Mengurangi mobilitas.
Jangan lupa agar selalu menjaga imunitas tubuh kita dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup supaya kita selalu sehat.
Anak sholih sholihah mari kita awali kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca do'a dan dilanjutkan muroja'ah dan sholat dluha. Setelah Dluha mari kita bersiap memulai pelajaran hari ini.
Mintalah bantuan kepada mama/bunda untuk mendampingi kalian selama melakukan kegiatan pembelajaran ya..!.
Jangan
lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakuan
kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Pecahan Campuran
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menghitung hasil operasi hitung campuran, dan mengurutkan pecahan
Mengurutkan pecahan
Contoh :
Urutan pecahan 3/8 ; 20% ; 4/5 ; 0,45 ; 0,5 dari yang terbesar ke terkecil adalah ….
Pembahasan:
Karena bentuk pecahan tidak sama, kita ubah semua pecahan ke dalam bentuk desimal
3/8 = 3/8 x 125 = 375/1000 = 0,375
20% = 20/100 = 0,2
4/5 = 4/5 x 2 = 8/10 = 0,8
0,45
0,5
Jadi urutan dari yang terbesar: 4/5 ; 0,5 ; 0,45 ; 3/8 ; 20%
Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
Untuk melakukan perkalian dan pembagian pecahan, kita harus memperhatikan langkah-langkah berikut.
- Karena perkalian dan pembagian setara, maka dikerjakan dari yang sebelah kiri terlebih dahulu.
- Ubah menjadi pecahan biasa.
- Bila ada pembagian diubah menjadi perkalian, angka pembaginya dibalik.
- Sederhanakan dengan membagi pembilang dengan penyebut yang senilai.
- Kalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut.
- Apabila penyebut lebih besar dari pembilang diubah menjadi pecahan campuran.
Contoh soal
LATIHAN MATEMATIKA
https://forms.gle/rR8ToEAXE5oiNdcg6
Komentar
Posting Komentar