Kamis,19 Agustus 2021 (MTK)
MENGUBAH PECAHAN
KD. 3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu mengubah pecahan ke berbagai bentuk pecahan lainnya
Mengubah Pecahan
1. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
Ubahlah pecahan 35/4 menjadi pecahan campuran
Caranya :
35 : 4 = 8 sisa 3
2. Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
ubahlah pecahan campuran 2 5/9 ke bentuk pecahan biasa.
3. Mengubah pecahan biasa ke desimal
Contoh:
4. Mengubah Pecahan desimal ke Pecahan biasa
Langkah-langkah penyelesainnya:
5. Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
Persen (%) artinya perseratus. 3% dibaca tiga persen. 10% dibaca sepuluh
persen. 3% sama artinya dengan 3/100 . 10% sama artinya dengan 10/100.
Contoh :
Mengubah penyebut pecahan menjadi 100.
a.
|
1
|
=
|
… %
|
4
|
b.
|
8
|
=
|
… %
|
10
|
a.
|
1
|
=
|
1 × 25
|
=
|
25
|
=
|
25%
|
4
|
4 × 25
|
100
|
b.
|
8
|
=
|
8 × 10
|
=
|
80
|
=
|
80%
|
10
|
10 × 10
|
100
|
6. Mengubah Pecahan Persen Menjadi Pecahan Biasa
Sebaliknya untuk mengubah pecahan persen menjadi pecahan biasa dilakukan
dengan mengubah persen menjadi perseratus yang selanjutnya
disederhanakan. Contoh :
25% = 25/100 = (bagi dengan FPB 25 dan 100 yaitu 25) = 1/4
Untuk lebih jelasnya langsung saja anak-anak tonton dan simak video berikut ya .....
Bagaimana penjelasan materi dalam pembelajaran video di atas, semoga anak-anak bu guru dapat memahaminya dengan baik ya....
Komentar
Posting Komentar